Minggu, 27 Maret 2011

MTsN KANIGORO

MTsN KANIGORO

A IDENTITAS MADARSAH
1 Nama Madrasah : MTs Negeri Kanigoro
2 Kepala Madrasah : Moh.Amak Burhanudin,M.Pd.I
3. Alamat : Jln.Raya kanigoro Kras Kab Kediri
4. NISM : 211.350.604.001
5. Wakif : H.Kusnan
6. Luas Tanah : 11.208 M2
7. Nama sekolah sebelumnya : SMP Islam
8. Tahun Penegrian : Tahun 1967
B. LETAK GEOGRAFIS MADRASAH
Madrasah Tsanawiyah negeri Kanigoro berada di Jalan Raya Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Jawa Timur Tepatnya di dusun jagalan desa kanigoro kras . Madrasah ini memiliki letak geografis yang strategis, karena terletak di jalan raya yang berada di tengah-tengah desa lingkup kecamatan keras dan Kandat seperti desa yang berada di sebelah selatan madrasah yaitu desa bendosari, butuh,jabang, jemekan,mojosari,bleber, udanawu dan desa yang berada di sebelah barat madrasah adalah desa karangtalun, keras, jambean, purwodadi, branggahan dan desa yang berada disebelah utara dari madrasah adalah desa,krandang, tales, dukuh, slumbung dll sedangkan desa yang berada di sebelah timur dari madrasah adalah desa cendono, sumberjo, kandat, ringinrejo, susuhbango dll, bahkan murid-murid dari MTsN Kanigoro juga berasal dari perbatasan tulungagung dan perbatasan blitar.Dengan dukungan letak geografis yang berada di tengah-tengah atau di perbatasan dari desa yang mengelilingi madrasah dan berada di dekat perbatasan antara kota tulunggagung dan perbatasan dari kota blitar itulah merupakan faktor yang membuat kemudahan dalam hal publikasi madrasah relatif meluas dan merata di masyarakat sekitarnya, maka madrasah ini diminati oleh anak-anak yang berada di sekitar radius 10 km dari madrasah. Adanya kondisi geografis yang cukup strategis ini menyebabkan para peminat semakin meningkat. jika pada tahun 2009/2010 para peminat madrasah ini berasal dari lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan dari Sekolah dasar di sekitar madrasah. Dengan keberadaanya yang jauh dari jalan raya justru membuat suasana educational sangat jauh dari kebisingan dan suara-suara lalu lintas jalan dan ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai serta suasana yang sejuk dan nyaman di lingkungan madrasah sangat mendukung proses pembelajaran.
C. Lingkungan Demografis
Jumlah penduduk di kecamatan Kandat dan Kecamatan Kras dan sekitar madrasah 99 % beragama Islam, sehingga hal ini merupakan modal dasar bagi pengembangan madrasah ini di masa mendatang.
Dalam kaitannya dengan pendidikan, pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dan cenderung tak terkendali, menjadikan masalah tersendiri dalam pertimbangan proses pendidikan. Sekolah/madrasah jenjang SMP/MTs yang berada di kecamatan kras baik negeri maupun swasta yaitu SMP 1 , SMP 2,SMP 3, SMP PGRI, SMP PSM, Mts Negeri Kanigoro, MTs Hidayatul Husna,MTs Jamiatul Ulum,MTs Darus Salam . Di Kec Kandat SMPN ada 2 yaitu SMP 1dan SMP 2 dan MTs Negeri ada 1 yaitu MTsN Kandat sedangkan yang swasta ada 2 yaitu MTs Sunan Ampael, MTs Al Fajar dan MTs Diponegoro,MTs Al Ihlas Blabak kandat, MTs Ngreco. KecamatanNgadiluwih SMP 1,SMP 2,SMPPGRI, SMP Pelita, MTs Annidhom,MTs Mujahidin,MTs Sunan Ampel,MTs Rodlotuttolabah
D. Lingkungan Sosial Ekonomi
Berdasarkan kehidupan sosial ekonomi mata pencaharian penduduk di wilayah Kecamatan Kras; Kecamatan Kandat, Kec Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan Kecamatan Udan Awu blitar seterusnya; Kecamatan Ngantru Tulungagung terdiri atas Pegawai Negeri, Pengusaha, , Pedagang , Petani , Buruh Tani,Wiraswasta dll. Rata - rata pendapatan masyarakat tergolong sangat fariatif. Data ini diambil dari data penerimaan murid baru dengan cara pengisian formulir pendaftaran
Karena variatif pekerjaan dari orang tua/walid dan berbagai keragaman budaya maka perlu adanya sosialisai program program serta visi misi madrasah tsanawiyah negeri kanigoro dengan diadakannya pertemuan wali murid yang dilaksanakan pada awal masuk menjadi siswa baru atau berada dalam awal semester dan untuk menginformasikan hasil belajar siswa madrasah mengadakan pertemuan dengan wali murid setelah semester genap / pada waktu penerimaan raport kenaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar